Project site location

Profil Yayasan Harapan Ibu Papua

 PROFIL YAYASAN   HARAPAN   IBU  PAPUA



1.      LATAR BELAKANG

Setiap orang berhak atas taraf kehidupan yang memadai untuk kesehatan dan kesejahteraan dirinya sendiri dan keluarganya, termasuk hak atas pangan, sandang, papan, dan pelayanan kesehatan, pelayanan sosial yang diperlukan, serta hak atas keamanan. Ibu dan anak berhak mendapatkan perhatian dan bantuan khusus. Semua anak, baik yang dilahirkan di dalam maupun di luar perkawinan, harus menikmati perlindungan sosial yang sama. Tanpa kesehatan, seseorang tidak akan mampu memperoleh hak-haknya yang lain. Seseorang yang tidak sehat dengan sendirinya akan berkurang haknya atas hidup_ demikian Hak  Atas Kesehatan yang diamanatkan oleh  UU Nomor 23 Tahun 1992  tentang Kesehatan.

Dalam Upaya tersebut  Yayasan Harapan Ibu Papua didirikan pada tahun  2001 oleh individu yang telah lama berkerja di Universitas Cenderawasih. YHI.Papua dilegalisasi melalui Akte  Notaris No.1 tanggal 3 September  2001, kemudian di perbaharui dengan Akte Notaris No.15 tanggal 21 Mei 2014 dan disahkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor AHU-01775.50.2014 dan telah mendapat ijin operasional dari  Dinas Kesejahteraan Sosial Propinsi Papua pada tahun 2015 dengan Nomor : 466.3/603/LKS-Kota JPR/VIII/2015.

Dalam mengimplementasikan program dilapangan YHI PAPUA  bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten Jayapura, Keerom , Dinas Sosial kota Jayapura, Dinas Tenaga Kerja , DP3AKB , BKKBN Provinsi Papua,KPA Provinsi Papua, KPA Kota dan Kabupaten Jayapura, Universitas Cenderawasih dan Pemerintah Daerah Provinsi Papua,Kota dan Kabupaten.

2.      VISI :  Terwujudnya masyarakat yang sehat dan sejahtera yang tercermin dalam kehidupan berkeluarga, dan bermasyarakat

 

3.      MISI :

 

-          Mewujudkan sistem kesehatan yang adil bagi semua masyarakat  (Mendorong  Penyadaran &  Perbaikan Pelayanan  Terhadap Hak-Hak Dasar Pelayanan  Kesehatan)

-           Melakukan penjangkauan  dan penyadaran isu  Kesehatan ( HIV dan AIDS, NARKOBA  yang  berinteraksi dengan isu GIZI,  GENDER dan  HAM

-          Melakukan pendampingan  bagi orang dengan HIV dan AIDS dan bagi perempuan yang mengalami ketidakadilan, kekerasan dan berbagai bentuk diskriminasi;

-          Melakukan pemberdayaan sumber daya ekonomi masyarakat

-          Membangun jaringan kerja dengan berbagai organisasi dan mendorong melakukan kerjasama dengan berbagai organisasi dengan visi misi serupa.

 

4.      Tujuan

Mewujudkan sistem Kesehatan  di masyarakat adil, makmur dan demokratis, serta menciptakan kondisi yang setara antara perempuan dan laki-laki dalam segala aspek kehidupan baik  sosial, politik, ekonomi, maupun budaya.

 

5.      Program YHI -PAPUA :

A. Progran HIV& AIDS

- Penjangkauan, Penyuluhan dan Konseling

- Pendampingan & Pemberdayaan  ODHA

B.     Program Bidang  Lain

-          Kesehatan Reproduksi

-          Kesehatan Ibu dan Anak

-          Pencegahan Penyalahgunaan  NARKOBA

-          Pemberian Makanan Tambahan  (Gizi)

-          Penurunan  Kekerasan Berbasis Gender

-          Tata Kelola Pelayanan Publik

-           Publikasi dan Informasi

 

6.        Alamat       : Gang Bisoka IB No.83 Kotaraja Dalam

                      Jayapura Papua

         Telepon    :  (0967)- 585638

         E-mail      : yharapanibu@gmail.com

        Website  :  yhipapua.com

         Facebook  : Harapanibu                                                        

Posting Komentar

0 Komentar