Project site location

Pantai Bersih Laut Sehat

Port Numbay -Jayapura (yhipapua.com) –
Sebagai bagian dari upaya penyelamatan lingkungan (pantai) dari sampah plastik, Yayasan harapan Ibu Papua bersama dengan komunitas alumni 87 SMP Negeri 1 Jayapura Selatan.  berupaya untuk melakukan pengumpulan sampah plastik di salah satu bibir pantai di kota Jayapura.
Tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Satu tekad dalam peringatan Hari Sampah Nasional 2024. Tema tersebut dilatarbelakangi adanya sampah plastik yang masih terus menjadi persoalan serius baik secara nasional maupun internasional. Kami menyadari bahwa sampah plastik begini banyak dan membutuhkan upaya penanganan yang serius dari semua pihak,  sehingga kami mengambil bagian kecil  dengan mengumpulkan ceceran sampah yang ada di bibir pantai.ungkap koordinator kegiatan giat bersih sampah_ Vanda Kirihio.
Sampah plastik  dapat berimplikasi terhadap ekosistem di pesisir pantai teluk Yotefa ini  salah satunya adalah menutup tunas-tunas mangrove saat air meti ( surut) sehingga apabila berlanjut dapat menghambat pertumbuhan pohon  mangrove. Selain itu sampah plastik dapat mencemari tanah, air tawar bahkan udara.
Plastik diperkirakan membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna. Sampah plastik yang tidak terurai ini terus mengendap di dasar laut, merusak ekosistem bawah laut dan membahayakan kehidupan laut.
Akumulasi sampah plastik setiap tahunnya akan menjadi limbah bila tak terkelola menimbulkan polusi yang akan merusak alam- mencemari tanah, dan air, meracuni sumber air tanah, dan dapat menyebabkan dampak kesehatan serius terhadap manusia jika terus dibiarkan.
Dengan tindakan kolektif  untuk membersihkan pantai dan solusi berkelanjutan dengan mengolah sampah , mari kita jaga keindahan dan keberlanjutan laut serta melindungi kesehatan manusia dari ancaman yang tak terlihat ini. Catatan dari Pantai Cibery Port Numbay  (YHI.P)








Posting Komentar

0 Komentar