Project site location

Pelatihan Pengorganisasian Komunitas YHI.Papua


PAPUA ( yhipapua.com ) - Sebagai upaya menguatkan staff  YHI Papua sebelum bergerak ke tiap komunitas, maka butuh disi dengan kemampuan dasar mengorganisasi masyarakat. Untuk itu YHI Papua dan The Asia Foundation ( TAF )  mengadakan kegiatan Community Organizing pada tanggal  15 - 23 Agustus 2022 di Kota Jayapura tepatnya di Sekretariat Yayasan Harapan Ibu Papua di Kotaraja.


Kegiatan ini dihadiri oleh pendiri dan direktur serta 12 staff Yayasan Harapan Ibu (YHI) Papua. Hadir juga konsultan Emil Kleden untuk memberikan materi peningkatan kapasitas anggota YHI Papua.


Materi training dimulai dengan orientasi tentang diri sendiri  memberikan pemahaman betapa pentingnya Memahami diri sendiri dengan potensi yang dimiliki didalam melakukan kerja-kerja dalam organisasi.


Dimana dengan mengenal diri sendiri tersebut, akan semakin mengasah ketajaman kita didalam melihat dan menganalisis kondisi kongkrit yang terjadi sehingga bisa menjadi  cahaya yang akan menerangi jalan dalam membangun, memperbaharui dan memperluas organisasi serta melakukan advokasi dengan sistematis dan terorganisir.


Kemudian, materi mengenai peningkatan pengetahuan untuk memahami tentang organisasi dan tahapan-tahapan pembangunannya yang berdasar dan berangkat dari investigasi social dan analisis klas.


 Pelatihan ini  juga membongkar kesadaran peserta training agar semakin terang dalam melihat permasalahan yang di pertentangkan selama ini. Dalam bagian ini terkandung pengetahuan untuk meningkatkan ketrampilan mengenai metode, taktik dan strategi didalam melakukan kerja-kerja membangun, memperbaharui dan memperluas organisasi dan mempertinggi capaian perjuangan Organisasi dan advokasi.


Materi lainnya yang dipaparkan dalam kegiatan ini adalah memberikan pemahaman tentang kedudukan seorang Community Organiser sebagai bagian elemen massa yang memiliki tanggung jawab. ( Aldy editor Lukman)










Posting Komentar

0 Komentar